neil armstrong

Neil Alden Armstrong: Manusia Pertama Menginjak Bulan

Neil Alden Armstrong lahir pada tanggal 5 Agustus 1930 di Wapakoneta, Ohio, Amerika Serikat. Dia menunjukkan minat yang besar dalam penerbangan sejak usia muda dan mulai terbang pesawat udara saat remaja. Setelah lulus dari Universitas Purdue dengan gelar dalam bidang teknik penerbangan pada tahun 1955. Armstrong bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dan melayani sebagai pilot tempur selama Perang Korea.

Setelah meninggalkan dinas militer, Armstrong menjadi pilot uji coba untuk NASA pada tahun 1962. Dia terpilih sebagai salah satu dari dua puluh satu astronaut yang termasuk dalam Grup Astronaut NASA ke-2. Yang kemudian dikenal sebagai Grup Astronaut “New Nine” atau “Next Nine”. Armstrong melakukan beberapa misi penerbangan uji coba selama program Gemini. Yang merupakan langkah penting dalam mempersiapkan manusia untuk mendarat di Bulan.

Neil Alden Armstrong

Adalah seorang astronaut Amerika Serikat yang terkenal karena menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan. Berikut adalah penjelasan tentang Neil Armstrong dan sejarah keterlibatannya dalam Program Apollo:

Neil Alden Armstrong lahir pada tanggal 5 Agustus 1930 di Wapakoneta, Ohio, Amerika Serikat. Sebelum bergabung dengan NASA, Armstrong memiliki latar belakang sebagai pilot pesawat tempur Angkatan Laut Amerika Serikat selama Perang Korea. Dia kemudian menjadi pilot uji coba dan terbang dalam berbagai misi uji coba untuk NASA, yang pada akhirnya membawanya menjadi bagian dari Program Apollo.

Keterlibatan Armstrong dalam Program Apollo dimulai ketika dia terpilih sebagai salah satu dari dua puluh satu astronaut dalam Grup Astronaut NASA ke-2. Yang kemudian dikenal sebagai Grup Astronaut “New Nine” atau “Next Nine”. Armstrong menjadi pilot komando untuk misi Gemini 8 pada tahun 1966. Yang merupakan misi pertama yang berhasil menggabungkan dua wahana antariksa dalam penerbangan angkasa.

Puncak kariernya datang pada tahun 1969 saat ia dipilih sebagai komandan misi Apollo 11. Misi yang bertujuan untuk mendaratkan manusia di Bulan. Pada tanggal 20 Juli 1969, Armstrong, bersama dengan astronaut Buzz Aldrin, mendaratkan modul lunar “Eagle” di permukaan Bulan. Armstrong kemudian turun dari modul dan menginjakkan kaki di Bulan, menjadi orang pertama yang melakukannya. Ketika itu, dia mengucapkan kata-kata legendaris. “That’s one small step for [a] man, one giant leap for mankind” (“Itu langkah kecil bagi seorang [pria], lompatan besar bagi umat manusia”).

Pada tanggal 20 Juli 1969, Armstrong menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan selama misi Apollo 11 bersama dengan astronaut Buzz Aldrin. Ketika itu, Armstrong mengucapkan kata-kata legendaris, “That’s one small step for [a] man. One giant leap for mankind” (“Itu langkah kecil bagi seorang [pria], lompatan besar bagi umat manusia”). Kedatangannya di Bulan menandai tonggak sejarah dalam eksplorasi antariksa dan penjelajahan manusia.

Setelah kembali dari misi Apollo 11, Armstrong terus bekerja di NASA sebagai administrator untuk divisi penelitian dan teknologi. Dia kemudian menjadi profesor di Universitas Cincinnati. Neil Armstrong meninggal dunia pada tanggal 25 Agustus 2012. Tetapi warisannya sebagai pionir eksplorasi antariksa tetap hidup dan mengilhami generasi-generasi berikutnya.

Leave a Reply